Entri Populer

Kamis, 05 Juli 2012

Yuk kita tadabbur Quran Surat Al-Baqarah Ayat 265-268


Kemiskinan Dekat Dengan Kesyirikan (di Ambil DI Bandulan - Malang)
Sejauh Mana Tadhiyah Kita Dalam Jalan Allah SWT ini...??

265. Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya Karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran Tinggi yang disiram oleh hujan lebat, Maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. jika hujan lebat tidak menyiraminya, Maka hujan gerimis (pun memadai)>>*1*<<. dan Allah Maha melihat apa yang kamu perbuat.
266. Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, Kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah>>*2*<<. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya[169].
267. Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. dan Ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji>>*3*<<.
268. Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu>>*4*<< dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia[170]. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.

>>*1*<< : Amal seorang mukmin, tidak pernah sia2, melainkan diterima oleh Allah dan diperbanyak pahalanya serta dikembangkan sesuai dengan jerih payahsetiap orang yang beramal. Karena itulah di penghujung ayat disebutkan, “Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”
>>*2*<< : Imam Bukhari meriwayatkan, menurut Ibnu Abbas, makna ayat ini, yaitu : ada lelaki yang kaya, ia beramal untuk ketaatan kepada Allah. Lalu Allah mengirimkan setan untuk mengujinya, akhirnya ia melakukan perbuatan-perbuatan maksiat sehingga menghabiskan semua pahala amal kebaikannya.
>>*3*<< : Ayat ini turun berkenaan dengan kami kaum Anshar, kami adalah para pemilik kurma. Sebagian orang dari kami memberikan sedekah dari kurma banyaknya dan sedikitnya. Sebagian orang yang tidak menyukai kebajikan memberikan sedekahnya pada tandan yang berisi kurma jelek dan terkadang dengan tandan yang sudah pecah.” Maka turun ayat 267. HR (Hakim)
>>*4*<< : Yaitu agar kalian kikir dengan harta yang ada di tangan kalian sehingga kalian tidak menginfakkannya ke jalan yang diridhai Allah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar